6 Tempat Liburan Instagramable di Solo
Wisata 

6 Tempat Liburan Instagramable di Solo

Ada banyak sekali pilihan wisata di Solo, mulai dari kuliner hingga jtempat untuk jalan-jalan dan berfoto. Tempat-tempat itu tersebar bukan cuma dalam kota saja, tapi juga di macam-macam wilayah sekitar yang memiliki keindahan alamnya yang luar biasa.

Keindahan alam maupun tempat wisata tersebut bukan cuma menarik untuk dijelajahi, Anda juga bisa memotretnya dan mendapatkan berbagia foto-foto keren untuk diunggah ke Instagram. Tentunya sambil tetap menikmati perjalanan dan melepas penatmu.

Perjalanan ke Solo sendiri sudah begitu mudah. Anda bisa menggunakan pesawat untuk perjalanan yang butuh waktu cepat dan jangan lupa untuk selalu mengecek status penerbangan Anda, atau bisa juga travel bis yang jauh lebih murah sekaligus merasakan sensasi perjalanan ala road trip. Pilihan yang manapun sama-sama nyaman dan menyenangkan.

Kemudian setelah sampai di Solo, pastikan Anda mengunjungi beberapa tempat menarik di bawah ini:

  1. Waduk Cenglik

Meskipun fungsi utama waduk ini sebagai irigasi warga setempat, Anda tetap dapat mengunjunginya dan memotret di sini. Foto paling menarik yang biasa diambil dari Waduk Cengklik adalah saat matahari terbit serta tenggelam.

  1. Benteng Vastenburg

Benteng Vastenburg, benteng peninggalan Belanda yang terletak di kawasan Gladak, Solo. Pembangunan benteng ini dilakukan pada 1745 atas perintah Gubernur Jenderal Baron Van Imhoff. Di sini kamu bisa mendapatkan foto arsitektur dan benteng kolonial yang menarik.

Tembok benteng punya bentuk unik berupa bujur sangkar berwarna putih yang ujung-ujungnya terdapat penonjolan ruang. Penonjolan ruang ini disebut selekoh (bastion). Bangunan terdiri dari beberapa barak yang terpisah dengan fungsi masing-masing. Pasca kemerdekaan, benteng ini juga sempat dipakai oleh TNI.

  1. Candi Cetho

Candi Cetho yagn satu ini bercorak Hindu dan diduga kuat dibangun pada masa-masa akhir era Majapahit (abad ke-15 Masehi). Anda bisa menemukan dan memotret candi ini di lereng Gunung Lawu, tepatnya di Desa Gumeng, Kabupaten Karanganyar. Jika ditempuh dari pusat Kota Solo memerlukan waktu 1 lebih 15 menit.

  1. Bukit Cumbri

Seperti di kota-kota lain di Indonesia, Solo juga punya spot foto berupa bukit, yakni Bukit Cumbri. Tempat ini jadi pilihan memotret karena memang keindahan panoramanya. Bukit terletak di Wonogiri dan berada di ketinggian 638 mdpl sehingga dari puncak terlihat pemandangan yang sekeliling yang indah.

Bukit berwarna hijau dan sekelilingnya kadang diselimuti kabut. Lalu dari ketinggian puncaknya Anda akan melihat pemandangan bagai berdiri di atas awan. Bukit ini juga merupakan salah satu bagian dari kawasan pegunungan di sekitar Gunung Sewu.

  1. Bukit Sepikul

Satu lagi bukit yang menarik di Solo. Anda memang perlu usaha sedikit lebih keras untuk bisa menikmati keindahan bukit, tetapi kepuasan yang diperoleh setimpal. Dari atas bukit Sepikul Anda bisa melihat pemandangan yang sangat menakjubkan, yaitu deretan bukit lain dan persawahan yang membuat perasaan nyaman.

Bukit sepikul terletak di kawasan Bulu, Sukoharjo. Anda bisa membawa kendaraan ke sini dan membayar uang parkir saja.

  1. Pabrik Gula Colomadu

Spot foto lain yang menarik di kota Solo adalah sebuah bangunan tua bekas Pabrik Gula Colomadu. Pabrik gula ini Didirikan tahun 1861 di Karanganyar oleh Mangkunegaran IV. Tahun 1928, pabrik ini mengalami perluasan area lahan tebu dan perombakan arsitektur. Sekarang seluruh bagian telah resmi direvitalisasi dan menjadi landmark pusat kebudayaan baru dengan nama baru De Tjolomadoe.

Memasuki bangunan De Tjolomadoe, Anda akan melihat langsung bagaimana kondisi pabrik gula dengan mesin-mesin buatan Jerman yang masih bertahan. Tersedia pula tempat pameran serta kafe. Sementara itu keaslian suasana pabrik gula tetap dipertahankan.

Jadi, sudah siapkah Anda untuk perjalanan liburan dan memotret ke Solo?

Related posts

shares