Dokter Spesialis Penyakit dalam
Kesehatan 

Beberapa Masalah Kesehatan yang Dapat Dipercayakan Penanganannya Kepada Dokter Spesialis Penyakit dalam (Ginjal-Hipertensi)

Masalah kesehatan yang dihadapi oleh setiap orang pada umumnya memang berbeda-beda, itulah mengapa mereka membutuhkan penanganan dari dokter-dokter khusus, tidak boleh sembarangan di dalam memilih dokter untuk menyembuhkan masalah kesehatan tersebut. Salah stau penyakit yang umum dihadapi oleh masyarakat saat ini, apalagi jika seandainya sudah memasuki usia lanjut seperti berhubungan dengan tekanan darah tinggi dan juga ginjal. Kondisi yang tidak boleh diremehkan, karena dampaknya bisa sangat serius hingga menyebabkan kematian. Mereka butuh penanganan secara khusus dari dokter spesialis penyakit dalam (Ginjal-Hipertensi).

Pada dasarnya memang tidak semua rumah sakit memiliki bagian ini, hanya terbatas pada rumah sakit besar saja. Sehingga untuk pasien biasanya akan mendapatkan rujukan atau rekomendasi dari dokter umum yang pernah menangani masalah tersebut sebelumnya. Pada dasarnya dokter yang menangani masalah kesehatan ini, memang terbagi atas 2 jenis, diantaranya adalah secara khusus mengatasi masalah ginjal dan satu lagi diantaranya adalah hipertensi atau yang berhubungan dengan jantung.

Umumnya pasien akan mendapatkan rujukan ke dokter spesialis penyakit dalam (ginjal-hipertensi) ini ketika mengalami beberapa kondisi, seperti diantaranya adalah:

  1. Urine yang dikeluarkan mengandung protein atau darah setelah menjalani pemeriksaan laboratorium, hal ini mengindikasikan ada masalah yang terjadi para orga penyaringan yaitu ginjal.
  2. Mengalami pusing dan juga lemas yang disebabkan oleh gangguan elektrolit, atau ketidakseimbangan asam maupun basa yang terjadi pada tubuh.
  3. Frekuensi buang air kecil berkurang, bahkan bisa jadi tidak berkemih atau buang air kecil sama sekali.
  4. Tubuh mengalami pembengkakan, biasanya hal ini terjadi pada beberapa bagian tubuh saja, namun tidak jarang diantaranya yang membengkak adalah seluruh bagian tubuh, sehingga patut untuk diwaspadai.
  5. Mengalami anemia, pucat dan juga lemas yang dimana hal ini disebabkan oleh masalah yang berhubungan dengan ginjal.
  6. Nyeri yang terjadi pada bagian punggung bawah atau tempat dimana ginjal tersebut berada.
  7. Mengalami tekanan darah tinggi.

Umumnya dokter spesialis yang satu ini nantinya akan melakukan langkah pengobatan untuk beberapa kondisi berikut, diantaranya adalah:

  1. Penyakit ginjal bawaan dari lahir, memang pada dasarnya masalah kesehatan tak hanya ditemukan ketika seseorang sudah memasuki usia dewasa saja, melainkan juga bisa sejak lahir, karena pada saat pembentukan organ tubuh janin tidak berlangsung secara sempurna atau mengalami infeksi.
  2. Mengalami kanker atau tumor pada bagian ginjal, seperti diantaranya adalah tumor Wilms.
  3. Gangguan pada nefron seperti sindrom nefrotik.
  4. Penyakit ginjal polikistik.
  5. Mengalami gagal ginjal akut atau kronis, sehingga untuk pengobatannya sendiri harus dilakukan dengan cangkok ginjal baru atau dengan melakukan cuci darah secara rutin.
  6. Masalah ginjal yang disebabkan karena komplikasi dengan diabetes.
  7. Masalah ginjal yang disebabkan oleh tekanan dara tinggi atau hipertensi.
  8. Mengalami glomerulonefritis akut.
  9. Terdapat batu pada saluran kemih.
  10. Infeksi yang terjadi pada saluran kemih.
  11. Mengalami infeksi ginjal.

Kondisi-kondisi di atas dapat dipercayakan pengobatannya kepada dokter spesialis penyakit dalam (ginjal-hipertensi) ingat bahwa ginjal ini merupakan salah satu organ penting yang ada dalam tubuh, berfungsi sebagai tempat menyaring darah, kemudian membuang zat-zat sisa yang tidak dibutuhkan oleh tubuh dalam bentuk urine, sehingga harus dijaga kesehatannya, mulai dari olahraga rutin, kemudian jangan lupa mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh disertai dengan menjaga pola makan.

Related posts

shares