Telat Haid 3 Hari dan Alami Morning Sickness
Kesehatan 

Telat Haid 3 Hari dan Alami Morning Sickness? Lakukan Hal Ini

Tentu Anda tak lagi asing mendengar istilah morning sickness, bukan? Morning sickness ini adalah tanda awal kehamilan yang paling sering dialami. Jika mengalaminya setelah telat haid 3 hari, maka bisa jadi Anda hamil. Tanda ini muncul di trimester pertama kehamilan dengan gejala berupa mual dan muntah disertai sakit kepala. Jika demikian, ikuti tips mengatasinya berikut.

  1. Mengonsumsi Minuman Hangat

Minuman hangat direkomendasikan untuk mengatasi morning sickness. Gejala morning sickness yang mual dan muntah dapat berkurang dengan mengonsumsi minuman hangat yang berenergi. Anda bisa mengonsumsi susu, teh, atau jahe dalam kondisi hangat agar rasa mual dan muntah bisa berkurang.

Kondisi tubuh juga menjadi rileks setelah mengonsumsi minuman hangat. Energi dalam tubuh juga akan kembali, sehingga semua aktivitas bisa dilakukan dengan normal kembali. Teh sebagai antioksidan juga bisa meningkatkan sistem imun agar mengembalikan sistem tubuh seperti semula.

  1. Memperhatikan Asupan Nutrisi

Selain mengubah pola makan, morning sickness dapat diatasi dengan memperhatikan asupan nutrisi. Anda harus menghindari makanan berlemak agar gejala morning sickness dapat berkurang. Asupan nutrisi berupa makanan berkarbohidrat dan berprotein tinggi juga harus dipenuhi. Tujuannya agar memenuhi asupan energi untuk tubuh.

  1. Makan Sedikit demi Sedikit

Pola makan yang diutamakan bagi wanita hamil yang sedang mengalami morning sickness adalah makan sedikit demi sedikit. Pola makan seperti ini akan membantu Anda agar kondisi kehamilan terjaga dengan pemenuhan kebutuhan nutrisi. Jika tidak demikian, asupan nutrisi tidak terpenuhi dengan baik dan tepat waktu dikarenakan penurunan atau hilangnya nafsu makan akibat mual.

  1. Menghirup Udara Segar

Setelah Anda telat haid 3 hari dan mengalami gejala morning sickness berupa mual, muntah, hingga pusing, maka segera lakukan relaksasi. Anda bisa menghirup udara segar. Hal ini perlu dan sangat penting dilakukan demi mengembalikan kondisi tubuh secara fisik dan psikologis.

Anda bisa lebih sehat dengan menghirup udara segar dan bersih. Perasaan juga bisa lebih lega karena merasakan kesegaran dari udara tersebut. Tubuh yang relaks ini akan membantu mengurangi gejala morning sickness yang umumnya dialami di trimester pertama kehamilan.

  1. Menghindari Bau yang Menyengat

Bau yang menyengat justru akan meningkatkan gejala morning sickness yang dialami. Anda harus menghindari bau tersebut agar semua gejala yang semula dialami bisa berkurang. Seiring berjalannya waktu, peningkatan sensitivitas tersebut juga akan berkurang dengan aktivitas hormon akan kembali normal.

Sebelum normal kembali, sebaiknya hindarilah bau menyengat untuk sementara waktu agar kondisi Anda jadi lebih baik. Anda bisa menghindari bumbu dapur yang menyengat, aroma yang sangat harum, hingga bau yang tidak sedap. Intensitas mual akan berkurang dengan upaya ini.

  1. Istirahat Cukup

Jangan lupa untuk mengatur waktu istirahat Anda agar kondisi tubuh kembali membaik. Anda harus cukup dalam beristirahat agar energi tubuh kembali baik. Sistem imun juga kembali meningkat. dengan demikian, gejala mual, muntah, dan sakit kepala bisa dikurangi. Anda juga bisa kembali beraktivitas dengan baik seperti semula, asalkan jangan sampai kelelahan.

Telat haid 3 hari adalah situasi yang harus diperhatikan. Jika telat haid tersebut disertai dengan gejala morning sickness, maka Anda harus segera mengatasinya. Anda harus siap melakukan berbagai tindakan tersebut agar kondisi tubuh lebih baik.

Related posts

shares